Kok Aku Gak Enak Badan Gini?

Ada apa nih??

Tanggapan kamu (4) Kok Aku Gak Enak Badan Gini?

Ini hari pertamaku mens dan aku gak tau kenapa setiap aku mens, aku selalu merasa badanku sakit dan ototku nyeri. Pertamanya, aku gak pengen masuk sekolah hari ini, tapi terus aku ingat, ini Kamis, yang berarti akan ada dr. Dian, dokter UKS sekolahku!

Jadi, saat waktu istirahat, aku pergi ke UKS dan dr. Dian ada di sana. Aku pun bertanya kenapa badanku sakit semua. Katanya, ada beberapa alasan kenapa kita merasa otot dan sendi terasa sensitif saat mens dan ternyata hormon itu berperan banget.

Naik dan turunnya hormon mempengaruhi apa yang tubuh kita rasakan, termasuk merasa nyeri otot, sendi, sakit perut, bahkan sakit kepala.

dr. Dian menyarankan aku untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral dan mengandung antioksidan yang bagus untuk sendi. Dia bilang, makanan itu penting banget pas lagi menstruasi, terutama makanan yang kaya zat besi. Ikan yang mengandung minyak seperti sarden, teri, dan belut, juga buah-buahan dan sayur yang penuh dengan zat besi dari tumbuhan, seperti sayuran hijau dan tempe, juga makanan yang penuh kalsium seperti bunga kol, kubis, dan bokchoy adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi dan mudah ditemukan di pasar.

Kalau aku biasanya makan makanan olahan seperti sosis, nugget, kue, atau roti putih, juga gula, dan minum minuman berkafein, sekarang aku harus ganti makananku ke kacang-kacangan, dan minum air putih yang cukup juga gak boleh ketinggalan!

dr. Dian juga bilang, penting untuk melakukan olahraga ringan sebelum dan pas lagi dapet, soalnya bisa bantu mengurangi sakitnya juga! Kamu bisa menyontek olahraga apa yang bisa kamu lakukan dari artikel Springster ini, dan akan lebih baik kalau olahraganya kamu lakukan di pagi hari, supaya kamu bisa dapat vitamin D dari matahari!!

Karena dr. Dian, sekarang aku jadi tau, deh, apa yang terjadi di badanku dan bagaimana cara mengatasinya. Aku jadi gak terlalu cemas! Aku pun meninggalkan UKS dengan perasaan yang lebih tenang. Jadi gak sabar, pengen minta tolong mama untuk masak ikan sarden dan tumis tempe untuk aku. Aku juga mau menjaga kesehatan otot dan sendiku!

Kamu pernah merasakan gejala yang sama, gak? Apa yang kamu lakukan untuk merasa lebih baik? Bagi tips kamu, dong!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Gadisbola24

Perutku selalu sakit banget kalo menstruasi diminumin kunyit asam nggak apa apa cara mengatasinya...

2 minggu, 5 hari yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai kamu Gadisbola24! Sakit perut pas menstruasi itu wajar kok, minum jamu juga bisa jadi salah satu...

Baca selengkapnya 2 minggu, 4 hari yang lalu
cahles_lestari

hmm...Aku belum mengalami menstruasi tapi artikel ini sangat berguna.saat nanti aku mengalami...

2 bulan, 4 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo cahles_lestari! Terima kasih juga sudah baca artikel Springster! Semoga artikel ini bisa...

Baca selengkapnya 2 bulan, 3 minggu yang lalu
Tampilkan komentar