Jauhi Kuman

Karena kuman nggak baik untuk tubuhmu

Tanggapan kamu (11) Jauhi Kuman

• Sebagian besar kuman virus tersebar melalui udara waktu kita bersin atau batuk. Kuman juga bisa menyebar dalam keringat, ludah, dan darah. Sebagian kuman berpindah dari satu orang ke orang lainnya tanpa menyentuh sesuatu yang terkontaminasi, seperti waktu kamu bersalaman dengan seseorang yang sedang flu, lalu menyentuh hidung kamu sendiri. Kalau salah satu dari keluarga kamu sakit, tutupi mulutmu dan menjauhlah darinya kalau mungkin. Kalau kamu ada di ruangan tertutup, coba buka jendela supaya udara segar masuk dan kuman keluar.

• CUCI TANGAN KAMU! Ingatlah kalau kuman takut sabun dan air. Sering mencuci tangan dengan sabun adalah cara yang paling ampuh buat mengalahkan kuman. Jagalah supaya badan tetap kuat dan sehat dengan makan makanan yang bernutrisi, berolahraga rutin, dan cukup tidur. Semua ini akan bantu badanmu melawan kuman penyakit.

• Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang sangat kecil (kuman). Bakteri TB menyebar ke udara waktu si penderita TB batuk, bersin, mengobrol, atau menyanyi. Orang-orang yang ada di dekatnya bisa menghirup bakteri ini dan jadi terinfeksi. Beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan kalau kamu ketularan adalah: berkeringat di malam hari, merasa lemah dan capai, batuk yang terus menerus (selama setidaknya tiga minggu), darah waktu kamu batuk, sakit di dada, ada bunyi waktu kamu bernapas, dan muncul masalah pernafasan. Kalau kamu merasa aneh atau berpikir ada sesuatu yang salah, jangan tunda lagi. Langsung pergi ke pos kesehatan terdekat, klinik, atau rumah sakit.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

ISMA ARDIANA

Hay namaku isma

2 tahun, 2 bulan yang lalu
Anonim

Iyes

2 tahun, 2 bulan yang lalu
Tampilkan komentar