Hindari 3 Hal Ini Saat Menstruasi

Udah tiba waktunya, nih!

Tanggapan kamu (13) Hindari 3 Hal Ini Saat Menstruasi

Lagi-lagi waktunya tamu bulanan datang, walaupun gak setiap menstruasi pengalamannya sama, ya. Yang kita rasain saat menstruasi juga gak selalu sama. Kadang sih kita gak ngerasa sakit dan semuanya lancar. Tapi ada saatnya kita ngerasa sakit pas haid.

Tapi jangan pusing; Springster punya 3 tips yang bisa membantu kamu ngejalanin masa menstruasi selancar mungkin.

Jangan: Makan yang berlemak, garam dan gulanya tinggi.

Saat lagi mens, kadang emang kita jadi ngerasa perut suka kembung, cepat capek, cemas, ngalamin mood swing, dan makanan yang udah disebut di atas ini bakal bikin kalian ngerasa lebih buruk lagi, lho. Buat kalian yang suka produk olahan susu, daripada minum susu, kamu bisa mengonsumsi yogurt yang mengandung bakteri baik/probiotik, seperti laktobaksilus.

Emang sih, menghindari makanan-makanan ini kayaknya suliiit banget — apalagi kalo ini jadi favoritmu! Tapi kamu bisa, kok!

Lakukan: Makan ikan, sayur dan buah segar

Makanan ini bakal jadi mood booster dan meningkatkan kesehatanmu. Minum secangkir teh hangat pake jahe atau madu, deh. Saat mens, kita sering ngalamin kram perut. Nah, makanan-makanan di atas membantu mengurangi kram saat mens. Kalo darah mens lagi deras-derasnya, itu berarti level zat besimu jadi rendah dan itu bikin energimu jadi berkurang. Jadi, makan makanan yang mengandung zat besi kayak telur, hati ayam, tempe, dan sayuran berdaun hijau buat menjaga energimu. Kamu juga bisa konsultasi ke orangtuamu atau dokter buat tau apakah kamu butuh suplemen penambah zat besi. Jangan lupa juga minum air yang banyak biar tetap terhidrasi.

Jangan: Jadikan ini sebagai alasan buat malas-malasan

Lagi mens--dan kena kram menstruasi, bukan berarti kita harus diam dan gak ngapa-ngapain. Karena, itu bukan alasan buat menghindari segala tanggungjawab yang harus kamu lakukan, kayak belajar atau ngerjain PR.

Jangan: Batasi diri buat ngelakuin yang apa aja saat mens

Ada yang bilang jangan olahraga saat mens. Faktanya, kamu boleh kok! Yang jangan kamu lakukan adalah membatasi diri dari hal yang kamu suka saat lagi mens. Kamu tetap bisa aktif olahraga dan ngerasa nyaman saat haid, kayak apa yang artikel ini beri tau.

Lakukan: Pake baju yang bikin kamu nyaman

Contohnya, pake baju berwarna gelap. Ini bakal bikin kamu tenang dan naikin rasa PD kamu. Saat kamu “tembus” gak akan ada yang menyadari. Jadi kamu bisa diam-diam pergi dan ganti bawahanmu. Jadi kamu nggak perlu cemas dan bolak-balik ngecek apakah kamu lagi “tembus”. Ini biar kamu tetap tenang saat lagi menstruasi.

Kamu juga bisa bikin sendiri Pouch Pertolongan Pertama Saat Menstruasi, kayak punya Sheryl di salah satu episode Hara Huru Dara ini. Yang kamu butuhin hanya: kantung kecil, kantong plastik, pembalut/tampon, tisu basah, tisu kering. Contek cara bikinnya di artikel Springster ini!

Punya pertanyaan? Tanyakan ke orang dewasa terpercaya di sekitarmu kayak kakak, tante, atau dokter, ya!

Jadi apa kamu punya daftar yang “jangan” dan harus “dilakukan” saat mens? Kasih tau ke kami lewat komentar di bawah, ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Cil3

Aku coba deh sarannya 😊

3 minggu, 1 hari yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Cil3! Terima kasih sudah baca artikel Springster! Selamat mencoba tipsnya ya! Jangan lupa baca...

1 minggu, 2 hari yang lalu
Rururu

Trims tipsnya. Suka suka suka:D

1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Rururu! Senang deh kalau kamu suka artikelnya! Terima kasih sudah baca artikel Springster,...

1 bulan yang lalu
Tampilkan komentar