Cewek dan Cowok

Beda tipis!

Cewek dan Cowok

Hai namaku Ana; umurku 16 tahun. Aku anak pertama di keluargaku. Aku punya dua saudara kembar, Rahmi dan Rahmat, umurnya 12 tahun.

Nah, di umur segini, Rahmi mulai mengalami perubahan yang cukup mencolok di tubuhnya. Cukup cepat sih sampai-sampai dia jadi terlihat lebih tua ketimbang Rahmat. Menurut Rahmi, ini aneh banget. Akhirnya dia curhat ke aku. Aku bilang kalau dia lagi ada di masa puber, semua teman-teman seumuran dia juga akan mengalami ini. Mau cowok atau cewek, kita semua akan berubah menjadi orang dewasa muda.

Tapi, kata Rahmi, Rahmat gak terlihat berubah sama sekali. Aku bilang deh kalau Rahmat pasti bakal ngalamin apa yang Rahmi alami. Cuma seringkali, cewek masuk masa puber lebih cepat ketimbang cowok.

Beberapa minggu setelahnya, Beni, teman bermain kami datang ke rumah dan main dengan Rahmat dan Rahmi. Beni bilang dia merasa ada perubahan di tubuhnya. Aku bisa lihat kalau di saat itu Rahmi seperti lega mendengarnya karena Beni mengalami perubahan juga seperti Rahmi.

Mereka akhirnya ngobrol tentang perubahan yang mereka alami dari tinggi dan berat badan yang makin bertambah sampai hal yang cukup berbeda antara laki-laki dan perempuan; Beni kadang mengalami mimpi basah dan Rahmi tentang menstruasi pertama. Pasti banyak banget pertanyaan yang muncul di kepala mereka dan bingung harus melakukan apa. Akhirnya, mereka tanya ke aku deh, secara aku yang paling tua di antara mereka. Aku bilang, “Cukup jadi diri sendiri aja!”

Aku senang Rahmi mau terbuka tentang perubahan pada tubuhnya. Jadi aku bisa bantu dia menghadapi perubahan-perubahan lain yang akan dia, bantu dia menikmati masa pubernya dan ngasih informasi yang jelas seputar semua perubahan itu. Rahmi bahkan ikut bantu Rahmat untuk menghadapi masa puber bareng-bareng.

Gak hanya itu, aku juga kasih tau kalau jaga makanan saat puber itu penting dan biayanya gak mahal kok. Yep, itu dari artikel Springster yang aku baca.

Cuma buat perempuan seperti aku dan Rahmi yang menstruasi setiap bulan, kami butuh lebih banyak zat gizi biar tetap bertenaga, segar dan cegah