Berat Badan Naik Pas Pubertas? Wajar, Kok!

Alasan kenapa naik berat badan pas puber itu biasa dan apa yang bisa kita pelajari dari itu.

Tanggapan kamu (16) Berat Badan Naik Pas Pubertas? Wajar, Kok!

Aku pertama kali menstruasi beberapa bulan yang lalu dan ternyata gak cuma itu perubahan yang terjadi kepada aku. Setelah aku puber, banyak hal berubah. Iya, banyak.

Sekarang, tiap bulan aku bakal haid. Beberapa bagian di tubuh aku juga tumbuh bulu… Berat badan aku pun naik.

Awalnya, aku merasa terbebani banget dengan semua perubahan ini. Tapi, pelan-pelan aku pun beradaptasi. Haid gak lagi menyeramkan. Aku juga tau cara mengatasi rambut yang tumbuh di sana sini, dan sekarang aku ngerti kenapa naik berat badan itu alami.

Iya nih, berat badan aku naik sejak masa pubertas. Aku dulu 45 kg, tapi sekarang aku 50 kg. Aku naik 5 kg dalam 5 bulan.

Aku harus akuin, awalnya aku cemas. Aku coba kurangin makan aku, tapi terus aku jadi kelaparan dan lemas. Jadi, aku tanya ibuku apa yang harus aku lakukan.

Ibuku bilang, aku gak perlu diet-diet soalnya aku sedang dalam masa pertumbuhan, dan di masa ini, aku butuh banyak nutrisi dari makanan. Jadi aku berhenti diet dan mengganti makanan aku jadi ke yang lebih bernutrisi, kayak daging, sayur, dan buah.

Ibuku juga bilang kalau rata-rata, anak-anak itu akan naik berat badan 13 sampai 18 kg di umur 11 sampai 14 tahun. Bahkan, bisa aja ada yang naik berat badan sampai 9 kg atau lebih dalam setahun! Ini karena, jumlah lemak, otok, dan tulang berubah seiring perubahan aku dari cewek menjadi wanita dewasa.

Ibuku juga bilang untuk mendukung perkembangan ini, kita bakal jadi lebih lapar dan makan lebih banyak. Selain itu, kenaikan berat badan saat masa pubertas itu sebenernya udah mencakup setengah dari berat badan ideal saat dewasa.

Ibuku juga meyakinkan kalau cewek kelihatan besar karena mereka memang harus memiliki lapisan lemak di seluruh badan, terlebih di payudara, pinggul, dan paha, sampai akhirnya bentuk tubuh mereka keliatan.

Aku lega banget waktu dengar itu. Sekarang aku lebih yakin kalau kenaikan berat badan aku itu alami dan aku gak perlu diet, aku cuma harus makan makanan bergizi untuk pertumbuhan aku. Aku senang aku tumbuh menjadi wanita yang sehat, dan aku gak seharusnya cemas karena asalkan aku sehat, aku baik-baik aja.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Bagaimna cra nurunin brat badan yg alami selain olah raga

2 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Anonim! Sayangnya diet kamu akan percuma tanpa olahraga hehehe :D Nih Springster kasih artikel...

Baca selengkapnya 2 bulan, 2 minggu yang lalu
Secillia
Komentar ini telah dihapus. Silahkan baca aturan platform kami.
Tampilkan komentar