Belum Dewasa, Masih Remaja: 5 Makanan Masa Pubertas

Saat masa pubertas, makan apa aja bukan berarti makan segalanya!

Tanggapan kamu (5) Belum Dewasa, Masih Remaja: 5 Makanan Masa Pubertas

Menstruasi itu normal kok! Yang perlu kamu lakukan adalah nggak perlu stres dan biasakan makan sehat karena ini bakal membantu kamu melewati masa ini dengan baik!

DI bawah ini, kami akan memberikan daftar makanan yang bisa membantu kamu buat mempersiapkan menstruasi pertamamu dan membantumu menghadapi PMS! Yuk pantengin!

1. Makanan kaya zat besi

Selamat tinggal gejala anemia--termasuk sakit kepala dan kecapekan, karena makanan kaya zat besi seperti kuning telur, daging, tempe, dan sayur-sayuran hijau akan membantumu mendapat cukup asupan zat besi! Ssst, eh, zat besi juga berperan buat pertumbuhan badan kita dan perkembangan fungsi otak! Jadi, yuk, konsumsi lebih banyak!

2. Makanan yang kaya akan seng

Seng bisa kita dapatkan di kacang, tahu, tempe, telur, udang, unggas, bayam, brokoli, jamur, dan daging. Makanan-makanan ini akan membantumu untuk menjaga daya tahan tubuh agar kamu jarang sakit dan membantu meningkatkan energi di masa pubertas.

3. Makanan kaya kalsium

Makanan kaya kalsium seperti teri dan ikan-ikanan lainnya, kuning telur, tempe, tahu, kangkung, bok choy, dan produk susu akan membantumu mengatasi sakit saat menstruasi. Makanan kaya kalsium tuh nggak hanya dibutuhkan buat adikmu yang masih balita yang butuh kalsium buat pembentukan tulangnya. Karena sekarang di usia remajamu, kamu bahkan butuh 30% kalsium lebih banyak dari sebelumya!

4. Makanan kaya magnesium

Makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan, tempe, dan tahu akan membantu otot-ototmu tetap rileks saat menstruasi!

5. Buah dan sayuran dengan kandungan air tinggi

Saat ngidam yang manis-manis, coba makan buah-buahan! Semangka, timun, jeruk, dan nanas adalah buah-buahan dengan kandungan air tinggi dan nggak cuma bikin segar, mereka juga membantumu untuk menghadapi kelelahan saat menstruasi.

Yay! Jadi itu adalah daftar makanan yang pastinya harus kamu siapkan buat menghadapi mens pertamamu! Jangan lupa kalo kamu bisa minta saran dari ibu, tante, atau kakak cewekmu karena mereka pernah mengalami ini. Kamu juga bisa datang ke dokter atau ahli kesehatan kalo emang punya pertanyaan tentang makanan masa puber ini!

Jadi gimana, apakah sebelumnya kamu sudah rutin mengonsumsinya? Beri tau kami lewat komen di bawah ini, kalo kamu punya “makanan puber”-mu ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Sudriss

kak sekar kalo cewek abis gituan tpi blom menstruasi 3 bulan itu artinya apa kak apa dia hamil

2 minggu, 6 hari yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Sudriss! Apakah yang kamu maksud dengan 'gituan' adalah hubungan seksual? Jika iya,...

Baca selengkapnya 2 minggu, 5 hari yang lalu
Anonim

Kak kalo makan seng nanti luka dong mulut aku.. Bukan hanya kewanitaanku yang mens tapi mulutku...

1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Anonim! Hahaha jangan salah kaprah yaa. Seng yang dimaksud di sini adalah zat gizi seng (zinc)...

1 bulan yang lalu
Tampilkan komentar