Badanmu Berubah? Tenang Aja! Ada Alasannya, Kok!

Semua perubahan ini ada alasannya kok, girls!

Tanggapan kamu (1) Badanmu Berubah? Tenang Aja! Ada Alasannya, Kok!

Wajahmu dulu lebih lembut, gak ada rambut tumbuh selain di kulit kepalamu, dan sekarang kamu mengalami menstruasi. Hampir semuanya berubah, dan kamu mungkin kewalahan. Tapi, semua perubahan di badan kamu itu terjadi karena alasan yang baik, kok!

KENALAN SAMA SI MENSTRUASI!
Saat pertama kali ketemu dia, kamu pasti kaget -- beberapa malah takut. Tapi Si Menstruasi ini gak datang tanpa alasan. Dia datang untuk memberi tahu kalau kita sudah bisa mengandung anak, lho! Ovarium kita sudah menghasilkan telur dan uterus (atau yang kita kenal dengan rahim) akan membangun lapisan tebal yang terbuat dari darah dan jaringan untuk tempat tumbuhnya bayi. Tapi, kalau tidak ada kehamilan dan kehadiran esterogen dan progesteron yang merupakan hormon yang berhubungan dengan kehamilan cuma sedikit, ya rahim harus meluruhkan semua itu untuk menjaga kita tetap sehat. Beberapa cewek akan merasakan sakit perut saat Si Menstruasi akan datang atau sedang datang. Ini karena prostaglandins, senyawa kimia yang bertanggung jawab untuk membuat otot rahim berkontraksi, biar darah menstruasi bisa keluar dari daerah kewanitaanmu. Biasanya, sakitnya sih bisa ditahan. Kalau menurut kamu terlalu sakit, kamu bisa minta obat pereda nyeri dari mamamu, atau lakukan olahraga ringan! Jika masih gak menolong, dan kamu rasa ada yang salah dengan menstruasimu, ada baiknya kamu konsul ke dokter.

DI SINI RAMBUT, DI SANA RAMBUT
Tiba-tiba ada rambut tumbuh di tempat-tempat yang gak terduga, seperti ketiak, tangan, kaki, dan di tempat terprivat kamu. Ini normal kok, soalnya rambut-rambut itu punya tujuan! Rambut di tangan dan kakimu tumbuh untuk menjaga kamu tetap hangat, kalau yang di ketiak untuk menyerap keringat dan kelembaban kulit, kalau rambut yang di bawah, menjaga biar kemaluanmu terlindungi dari gesekan langsung dan bakteri.

JERAWAT: MUSUH ATAU SAHABAT?
Kulit kamu juga akan berubah dan jerawat mungkin akan muncul di wajah. Mereka emang gak punya tujuan, tapi mereka adalah efek dari proses yang memiliki tujuan. Seperti regenerasi kulit atau pelepasan hormon. Nah, kalau jerawatmu mulai bikin gak pede, coba bikin masker pereda jerawat aja di rumah. Caranya peras setengah jeruk lemon dan campurkan dengan putih telur. Aplikasikan di mukamu, tapi hindari area mata dan mulut, lalu kamu bawa tidur. Paginya, tinggal kamu cuci dengan air hangat, deh.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar
romi
Komentar ini telah dihapus. Silahkan baca aturan platform kami.