Aw, Kok Dadaku Sakit ya?

Kok gini sih? Aku gak apa-apa, kan?

Tanggapan kamu (4) Aw, Kok Dadaku Sakit ya?

Aku Cendi, umurku 14 tahun. Beberapa hari lalu, aku ngerasa sakit di bagian dada. Lagi. Ini bukan yang pertama, dan aku khawatir aku kenapa-kenapa. Aku takut ini gak normal.

Ini lumayan sering kejadian, aku khawatir dan pengen banget cerita sama seseorang. Jadi aku cerita deh ke Raya, sahabatku. Dan ternyata, Raya juga sama! Dia juga ngerasain sakit di payudaranya, dan dia bingung juga takut. Terus aku pikir, daripada kami berdua cuma takut terus diem aja, kayaknya mendingan kita tanya ke seseorang.

Kami setuju untuk cerita ke kak Sarah, kakaknya Raya.

Rasanya legaaaa banget pas kak Sarah bilang kalo itu normal. Kak Sarah bilang, aku dan Raya lagi puber dan sedang dalam perjalanan menuju wanita dewasa. Banyak wanita —termasuk juga kak Sarah, mengalami ini!

Kak Sarah bilang, sakitnya secara natural muncul saat sebelum menstruasi. Kalo lagi puber gini, payudara terasa sakit karena jaringan payudaranya lagi tumbuh dan berkembang.

Sakitnya itu sendiri terjadi karena tubuh kita melepaskan dua hormon: estrogen dan progesteron, yang bikin tingkat cairan di jaringan payudara berubah, dan bikin payudara jadi sakit juga sensitif.

Rasa sakitnya juga akan selalu ada selama dua hormon yang tadi diproduksi oleh tubuh kita. Jadi Kak Sarah bilang kami gak perlu khawatir karena itu normal. Normal banget malah.

Kamu pernah gak ngalamin hal yang sama? Ceritain dong di kolom komentar!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Dhewi

Wah Aku Sudah Tahu Sekarang Kalau Merasakan Sakit Di Bagian Payudara Itu Ternyata Normal Aja. Terima...

11 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Haloo Dhewi! Wah senang sekali kalau artikel ini bisa bermanfaat buat kamu. Terima kasih ya sudah...

Baca selengkapnya 11 bulan, 2 minggu yang lalu
Anonim
Komentar ini telah dihapus. Silahkan baca aturan platform kami.
Tampilkan komentar