Aturan 5 Detik Pada Makanan

“Ambil lagi aja masih bersih kok”

Tanggapan kamu (8) Aturan 5 Detik Pada Makanan

Apa yang bakal kamu lakukan kalo makanan favorit kamu yang baru aja kamu mau makan jatuh ke lantai? Bete? Terus langsung buang ke tempat sampah? atau.. Kamu ambil lagi dari lantai karena makanannya belum jatuh lebih dari 5 detik?

Kalian pasti tau kan sama kata-kata “belum 5 detik kok”. Perkataan itu seakan bilang kalo makanan yang jatuh ke lantai itu masih baik buat dikonsumsi. Kenyataannya nggak loh. Sedetik jatuh aja udah sama kaya kotornya lantai yang kamu injek.

Dan para ilmuwan beneran melakukan serangkain tes loh untuk tau hal ini bener apa nggak. Dalam studi tersebut, para peneliti memilih empat permukaan yang berbeda yaitu stainless steel, keramik, kayu dan karpet yang terkontaminasi dengan bakteri. Kemudian, para peneliti menjatuhkan makanan pada permukaan, dan membiarkan makanan tersebut dalam waktu tertentu: kurang dari satu detik, 5 detik, 30 detik atau 5 menit.

Mereka menguji empat jenis makanan: semangka, roti, mentega, dan permen kenyal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum, semakin lama makanan menempel ke permukaan, semakin banyak bakteri dipindahkan ke makanan. Tetapi beberapa kontaminasi bakteri terjadi dalam waktu kurang dari satu detik.

Makanan yang paling cepat terkontaminasi bakteri? Semangka. Kalo bahan atau permukaan? Karpet.

Masih mau makan makanan yang udah jatuh ke lantai walau cuma 5 detik? Resiko terkena penyakit sangat besar lho, girls!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

yuita

😰

10 bulan, 2 minggu yang lalu
eka_sang_raja

betul itu

1 tahun, 7 bulan yang lalu
Tampilkan komentar