Apa Sih Sebenarnya Keputihan Itu?

Belum pernah denger soal Si Putih sebelumnya? Cari tau di artikel ini!

Tanggapan kamu (12) Apa Sih Sebenarnya Keputihan Itu?

Memasuki usia remaja, wajar kalo cewek ngalamin yang namanya keputihan. Cairan yang menyerupai lendir ini keluar dari vagina, biasanya menjelang mens atau sesudahnya dan selama masa pertumbuhan. Banyaknya keputihan juga tergantung. Biasanya, akan semakin banyak semasa kehamilan, saat berhubungan seksual atau saat memakai pil kontrasepsi. Keputihan juga bisa keluar sebelum dan sesudah masa menstruasi. Jadi jangan bingung kalo kamu hari-hari ini kamu ngerasa keputihan membasahi celana dalammu!

Apa Sih Sebenarnya Keputihan Itu?

ADA 2 TIPE KEPUTIHAN, NORMAL DAN BERBAHAYA.
Keputihan yang normal biasanya berwarna jernih, mungkin agak keruh, cuma gak menimbulkan iritasi atau gatal dan juga gak berbau. Tapi, jumlah dan kentalnya keputihan pada setiap cewek bisa bervariasi. Seperti yang udah dijelasin di atas. Keputihan bisa keluar di waktu-waktu tertentu, normalnya itu pas ovulasi, selama menyusui, saat muncul gairah seksual dan semasa hamil.

Yang perlu kamu waspadai adalah keputihan abnormal alias berbahaya. Warnanya bisa putih pekat, putih kekuningan, putih kehijauan atau putih kelabu. Cairan ini bisa encer atau kental, lengket dan kadang berbusa. Terus, keputihan yang berbahaya adalah yang berbau menyengat. Pada penderita tertentu juga terdapat rasa gatal di sekitar vagina. Dan kadang menimbulkan rasa pedih saat buang air kecil. Jumlah dan frekuensi keputihan abnormal pun akan meningkat. Hati-hati ya, ini bisa jadi tanda kamu mengalami infeksi.

Apa Sih Sebenarnya Keputihan Itu? Apa Sih Sebenarnya Keputihan Itu?

Kebiasaan membersihkan vagina dengan produk pembersih kemaluan yang berwangi atau yang mengandung antiseptik juga bisa membuat keputihan menjadi tidak normal. Karena produk-produk tersebut merusak keseimbangan dan asam (PH) vagina.

Apa Sih Sebenarnya Keputihan Itu?

GIMANA SIH CARA MENGATASI KEPUTIHAN?
Kalo kamu mengalami tanda-tanda keputihan yang berbahaya seperti di atas, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Apa Sih Sebenarnya Keputihan Itu?

Jangan cemas dan panik dulu ya, konsultasikan masalah ini ke kakak perempuan atau ibumu atau orang dewasa yang bisa kamu percaya. Dan jangan pernah takut untuk meminta mereka menemanimu pergi ke dokter!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Pengen nge tes, tapi.... ga ada uang kak.. T,T ad obat alami ga ya ?

3 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai hai, Mira_Chan! Sebetulnya keputihan bisa dicegah. Rajin mengganti celana dalam adalah salah...

Baca selengkapnya 3 bulan, 1 minggu yang lalu
Anonim

Kak kalau daerah kemaluan ku sering gatal tpi gk bau itu normal kan kak , kak panty liner itu apa ya

4 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, Mee! Rajin ganti celana dalammu ya, apalagi kalau habis keringetan. Dan panty liner itu adalah...

4 bulan yang lalu
Tampilkan komentar