Aku Dilecehkan Di Kantorku! Aku Harus Gimana?

Keselamatanmu selalu lebih penting dari pekerjaan apa pun!

Tanggapan kamu (12) Aku Dilecehkan Di Kantorku! Aku Harus Gimana?

Kamu cinta tempat kerjamu. Gajinya oke, keuntungannya banyak, kamu suka pekerjaanmu, dan tempatnya dekat rumah.

Tempat kerjamu sempurna, kecuali untuk satu hal.

Si teman kerjamu yang bikin kamu merasa gak nyaman dari caranya memperlakukanmu.

Jadi, harus gimana nih kalau teman kerjamu melakukan pelecehan seksual kepadamu, seperti memanggilmu dengan panggilan gak sopan, menatap bagian privat tubuhmu, atau menyentuhmu di bagian-bagian yang tidak kamu inginkan? Ada 5 tips yang bisa kamu ikuti untuk membuatmu aman:

Aku Dilecehkan Di Kantorku! Aku Harus Gimana?

1. Bilang gak, gak mau, gak akan

Pastikan mereka tau kalau kamu gak tertarik dan kamu gak suka cara dia memperlakukan kamu. Tapi ingat, kamu harus membicarakan ini dengan tenang dan sopan. Kamu gak perlu takut dia akan mikir macem-macem soal kamu, kalau dia bikin kamu gak nyaman, kamu harus membela dirimu.

Aku Dilecehkan Di Kantorku! Aku Harus Gimana?

2. Simpan semua bukti

Tanggal, waktu, tempat, saksi, tulis semua detail dari pelecehan yang kamu alami. Simpan semua sms, screencapt semua post. Ini mungkin akan berguna saat nanti kamu ingin melaporkannya ke pihak yang berwenang.

Aku Dilecehkan Di Kantorku! Aku Harus Gimana?

3. Cari tahu kebijakan kantormu tentang pelecehan seksual

Setiap tempat kerja pasti punya kebijakan tentang hal ini, termasuk apa yang akan mereka lakukan kalau ini terjadi. Tanya HRD tempat kerjamu atau seseorang dari tempat kerja yang kamu percaya. Kalau di tempat kerjamu belum ada, kamu bisa bicarakan sama teman-teman kerjamu untuk bersama meminta tempat kerjamu untuk mulai membuatnya!

Aku Dilecehkan Di Kantorku! Aku Harus Gimana?

4. Melaporkannya ke orang tua atau pihak berwajib

Kalau yang mereka lakukan kepadamu membuatmu gak nyaman, jangan menunggu untuk memberi tahu orang yang kamu percaya. Apa yang mereka lakukan itu gak baik dan kamu bisa cari bantuan dan dukungan dari orang-orang di sekelilingmu. Bisa keluargamu, atau orang dari tempat kerjamu. Kamu juga bisa melaporkan ini ke pihak berwajib. Jangan takut, kamu berhak merasa aman di mana pun, baik di rumah atau pun di tempat kerja.

Aku Dilecehkan Di Kantorku! Aku Harus Gimana?

5. Batasi pergaulanmu dengannya

Kamu gak harus menjauhi dia kalau emang gak bisa, paling gak, batasi interaksimu menjadi hanya seputar pekerjaan. Kalau bisa, minta ke bosmu untuk bertukar shift sehingga kamu gak bekerja di waktu yang sama dengan dia. Kalau kamu nyaman, jelaskan alasannya ke bosmu. Jika kamu merasa dia ingin ketemu berdua saja denganmu, katakan tidak atau kalau emang gak bisa kabur, ajak teman kerjamu bergabung.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Riril
Komentar ini telah dihapus. Silahkan baca aturan platform kami.
Riril
Komentar ini telah dihapus. Silahkan baca aturan platform kami.
Tampilkan komentar