Aduh, Dadaku Gatal! Kenapa ya?

“Dadaku kenapa ya? Ini aku aja apa gimana? Gimaa ngatasinnya ya?” Kaleem, ini ada penjelasannya.

Tanggapan kamu (10) Aduh, Dadaku Gatal! Kenapa ya?

Hai Springster! Banyak banget yang nanya kenapa terkadang payudara suka terasa gatal.

Itu bukan masalah yang besar kok, gatal di payudara itu normal. Penyebabnya apa?

Gatal pada payudara itu bagian dari perubahan yang kamu alami saat puber. Saat kuncup payudaramu bertumbuh, kamu akan merasa gatal, nyeri atau kesemutan di bagian dada dan bagian putingmu akan terasa benjolan dan area sekitarnya terasa lunak.

Terkadang rasa sakit ini muncul beberapa hari sebelum menstruasi. Ya, karena di masa itu sedang terjadi perubahan hormon di tubuh kamu.

Enggak hanya itu, rasa gatal di dada kamu juga disebabkan oleh jaringan payudara yang sedang tumbuh. Di masa ini, kulit di bagian dada meregang dan bagian putingmu akan terasa gatal dibuatnya. Tapi ini perlahan akan hilang karena tubuh kamu sudah bisa beradaptasi dengan perubahan fisik yang kamu alami.

Daaaan, rasa gatal pada payudara juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti bahan pakaian, alergi sabun mandi atau deterjen, kulit kering dan kebersihan diri.

Ini tips dari Springster untuk mengurangi rasa gatal di bagian dadamu:

  • Jangan digaruk. Susah memang, tapi menggaruk hanya akan merusak kulitmu. Sebaiknya tekan dengan lembut area yang gatal dengan telapak tangan, kamu pasti jadi lebih lega.
  • Jaga area puting tetap lembab. Bisa gunakan krim pelembab. Ingat gunakan krim tanpa aroma ya.
  • Gunakan pakaian berbahan katun dan lembut agar kulitmu tidak iritasi.
  • Pastikan pakaianmu dicuci dengan bersih, terutama bra. Kalau rasa gatal terasa makin parah, segera beritahu
  • Kalau rasa gatal terasa makin parah, segera beritahu orangtuamu atau orang dewasa yang kamu percaya untuk mengatasinya.

Sudah menjawab pertanyaanmu belum? Kalau ada cerita atau tips tambahan lain, tulis di kolom komentar yaaa~

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

saki54

Kak,aku mau nanya kenapa ya,setiap hari aku keputihan tolong jawabannya yak kak,terima kasih.

2 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, saki54! Kamu bisa baca selengkapnya tentang keputihan di artikel ini...

Baca selengkapnya 2 bulan, 3 minggu yang lalu
@alishachoi

Kak,aku mu tnya nih.Aku remaja wanita berusia 15 tahun.Kata mama waktu dia seusiaku payudaranya udah...

Baca selengkapnya 5 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, @alishachoi! Gak perlu khawatir! Pertumbuhan setiap perempuan itu memang berbeda, kok - ada...

Baca selengkapnya 5 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar