Ada yang Nggak Beres dengan Tubuhku Saat Menstruasi

Lebih dari sakit perut biasa!

Tanggapan kamu (15) Ada yang Nggak Beres dengan Tubuhku Saat Menstruasi

Penting banget lho, buat kita untuk selalu merhatiin hal-hal yang terjadi saat kita lagi menstruasi. Termasuk gangguan yang kita alami saat menstruasi. Emang sih, kadang-kadang kita bisa ngelewatin masa menstruasi dengan baik. Tapi kadang itu semua kerasa berat banget dan disertai dengan sakit perut. Ini semua normal kok. Ini disebut dismenorhea. Kita perlu cari tau banyak informasi tentang ini jadi nggak perlu panik saat sewaktu-waktu ini terjadi.

Tapi ini mungkin beda-beda buat sebagian orang. Yang perlu kalian tau adalah, kadang ini tandanya ada yang nggak normal. Kadang ada yang merasakan sakit yang berlebihan di perut, pinggang, dan bahkan jadi susah jalan. Saat ada yang nggak beres, coba dengar apa kata tubuhmu dan pergilah ke dokter. Karena bisa jadi kram dan sakit yang nggak berkesudahan itu disebabkan oleh penyakit ini:

1. Adenomiosis

Ada yang Nggak Beres dengan Tubuhku Saat Menstruasi

Kita harus waspada sama adenomiosis ketika kita mengalami gejala-gejala ini:

  • Menstruasimu jadi lebih berat dengan pendarahan yang lama dan berkepanjangan (lebih dari 9 hari)
  • Kram menstruasi yang parah (lebih dari 2 hari)
  • Tekanan perut dan kembung

2. Endometriosis

Ada yang Nggak Beres dengan Tubuhku Saat Menstruasi

Endometriosis terjadi ketika endometrium--yang normalnya tumbuh di dalam rahim, jadi tumbuh keluar rahim. Walaupun jaringannya tumbuh di luar rahim, tapi tetap berfungsi seperti biasa selama haid. Itu berarti pada akhir masa menstruasi kita, jaringan ini akan pecah dan berdarah. Namun, darah dari jaringan ini nggak punya tempat untuk dituju. Dan perubahan hormonal di siklus haid kita bakal mempengaruhi jaringan endometrium yang salah letak dan menyebabkan daerah ini jadi meradang dan menyakitkan saat haid.

Kita harus waspada sama adenomiosis ketika kita mengalami gejala-gejala ini:

  • Nyeri yang terus-menerus di panggul dan punggung bawah
  • Tapi banyak wanita dengan endometriosis memiliki gejala ringan atau bahkan nggak ada gejala. Gejalanya berhubungan dengan di mana dengan lokasi pertumbuhannya. Nggak cuma pada ibu, hal ini juga terjadi pada gadis remaja, lho

Nah, semoga ini bisa berguna buat mengidentifikasi sakit yang kita dapatkan saat lagi haid. Ingat terus kalo kamu nggak perlu khawatir, tapi selama gejala-gejala di atas terjadi, jangan ragu buat periksa ke dokter sebelum semuanya terlambat. Penting banget lho bagi kita buat mengetahui tentang ini, agar kita udah tau harus ngapain saat mengalaminya! Sekali lagi, saat ada yang nggak beres dengan tubuhmu, segera cek!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Dilan_44

Kak aku ada masalah dengan perutku rasa sakit sekali

4 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, Dilan_44! Sakitnya seperti apa? Jika sudah berkelanjutan dan tidak tertahankan, sebaiknya...

4 bulan yang lalu
Dilan_44

Kata ibuku ini wajar katanya kak

4 bulan yang lalu
Rreka341

Kk knapa sih klo haid itu bkin perut ku sakit hampir mau nangis..gmna solusinya?

11 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, Rreka341! Sakit yang terjadi saat kamu akan atau sedang menstruasi itu normal, kok. Kenapa tuh?...

Baca selengkapnya 11 bulan yang lalu
Rreka341

Ooh gitu yaa.. jadi normal yaa kak...Thank's infonya kak sekar... :)

10 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar