Ada yang aneh dengan si kakak!

Ternyata ini yang dialami remaja lelaki pas pubertas.

Tanggapan kamu (11) Ada yang aneh dengan si kakak!

Aku merasa ada yang aneh yang terjadi pada kakak laki-laki ku akhir-akhir ini.

Dia udah umur 14 sekarang. Aku deket banget sama kakakku dari kecil. Kami berbagi kamar, kami sering menghabiskan waktu bermain berdua, pokoknya banyak deh cerita bersama kakak.

Tapi seperti yang aku bilang tadi...dia berubah sekarang. Aku jadi merasa sedih. Sepertinya ada yang dia sembunyikan dariku.

Suatu malam, ibu nyamperin aku dan bilang kalo aku dan kakak sudah tidak bisa sekamar, kakak sudah remaja sekarang. Dan remaja, butuh ruang pribadinya sendiri.

Aku pikir gak masalah sih, toh kakak masih baik sama aku dan kita lancar berkomunikasi. Tapi setiap kali aku ajak bermain, dia menolak dan bilang sudah ada kegiatan lain.

Terus aku penasaran, ngapain dia? Ternyata dia di kamar sedang telfonan. Entah sama siapa, tapi yang jelas mukanya berseri-seri.

Aku amati juga, suara kakak berubah. Jadi lebih berat! Dan badannya sudah semakin berbentuk, udah gak chubby lagi. Terus, baju-bajunya yang biasa dipilihin ibu, sudah ia pilih sendiri.

Kakak kenapa sih?

Lalu aku bertanya ke ibu… Ibu menjelaskan kalo kakak sudah mengalami pubertas. Aku pernah baca-baca tentang pubertas di perempuan di artikel ini tapi aku gak pernah tau apa arti pubertas untuk laki-laki!

Ibu menjelaskan semuanya. Tentang kenapa kami gak bisa sekamar lagi, kenapa suara kakak berubah dan tumbuh jakun, kenapa kakak suka telfonan diam-diam…

Karena dia sudah mulai merasakan cinta monyet, kata ibu. Remaja laki-laki akan mulai menaruh perhatian ke cewek sekelilingnya, padahal tadinya biasa aja. Aneh ya?

Terus, soal suaranya yang berubah jadi lebih berat juga normal. Itu karena pita suaranya sedang berkembang. Tubuh juga berubah jadi lebih bidang dan mulai tumbuh otot. Begitu juga tumbuhnya rambut di daerah sekitar lengan, kaki, wajah dan ketiak dan pada daerah pribadinya.

Semua perubahan ini terjadi secara natural. Dan memang kakak sudah bukan anak kecil lagi.

Ah, aku jadi gak sabar untuk menjadi remaja dan meninggalkan masa kanak-kanak ku!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

R_26

Kenapa kaka ku banyak sekali menyakiti hati ortu ku,padahal dulu ya baik??

5 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo R_26! Bisa jadi kakakmu sedang ada masalah sehingga orang sekitar jadi kena imbasnya. Kalau...

Baca selengkapnya 5 bulan, 1 minggu yang lalu
Thari

Kenapa ya kakak laki2ku tiba2 berubah dulu seru sekarang lebih suka menyendiri dikamar...

8 bulan, 4 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Thari! Mungkin kakak kamu sedang butuh ruang sendiri, butuh privasi. Itu hal yang biasa kok :D

8 bulan, 3 minggu yang lalu
Tampilkan komentar