Tolong! Guruku Kok Begini?

Ayo beranikan diri! Hadapi dengan keberanian!

Tanggapan kamu (2) Tolong! Guruku Kok Begini?

Aku suka guru-guruku dan aku berhutang budi banget sama mereka! Aku punya guru kesukaan, biasanya sih yang lucu dan bersahabat, soalnya mereka bikin proses belajar jadi lebih mudah.

Tapi, aku juga punya guru yang bikin aku ngerasa gak nyaman, soalnya mereka kurang sopan dan genit. Mereka bikin aku gak nyaman dengan cara mereka bersikap atau berbicara. Kadang, mereka panggil aku dengan panggilan-panggilan tertentu, panggilan yang aku rasa lebih seperti godaan, dan terlalu sok akrab, ih, rasanya.

Aku tahu ini tuh gak bener, tapi aku gak yakin apa yang harus aku lakukan. Jadi, aku bicarakan tentang ini ke kakak perempuanku. Dia kaget saat tahu ada guru seperti itu di sekolahku. Dia bilang, dia juga punya pengalaman yang sama dengan aku. Terus, dia kasih aku beberapa tips.

Kata kakakku, bilang tentang hal ini ke dia sudah merupakan tindakan tepat, jadi dia bisa membantu untuk membicarakan ini ke orang yang lebih tua, dan lebih punya kuasa. Bisa jadi orang tua, guru lain, atau siapa pun yang bikin kamu merasa nyaman. Jadi, mereka bisa bantu kamu mencari bantuan juga, biar guru itu gak bisa berbuat yang kurang sopan ke kamu, atau orang lain.

Kedua, kakakku bilang kalau dia memanggil kita dengan panggilan tertentu, misal, “Cantik” atau “Sayang”, atau dia berani menyentuh kamu di tempat yang gak semestinya, kamu harus bilang tidak ke dia dengan nada yang tenang, dan bilang kalau kamu gak suka digituin. Tapi ingat, hanya lakukan ini saat kamu merasa aman, karena keselamatan kamu itu penting!

Ketiga, kalau di kelas, pastikan kamu gak sama-sama dengan guru itu berduaan saja. Pastikan kamu selalu bersama teman-teman sekelasmu dan kalau bisa, pilih bangku yang sulit dijangkau, misalkan, bangku di sebelah tembok.

Terakhir, catat kapan aja dia bikin kamu ngerasa gak nyaman. Catatan ini termasuk tanggal, waktu, dan apa saja yang dia perbuat, jadi kalau suatu hari nanti kamu berniat melaporkan guru tersebut ke orang yang memiliki kuasa, kamu punya semua catatan yang kamu butuhkan.

Aku bersyukur banget aku punya kakak perempuan dan dia bisa kasih aku tips! Dia bikin aku ngerasa aman, jadi menurut aku penting banget untuk menceritakan kisah kamu ke orang lain dan minta bantuan jika dibutuhkan. Kamu juga bisa telepon TePSA (Telepon Sahabat Anak) di 1500771 kalau kamu butuh bantuan dan ingin melaporkan pengalaman kamu!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Harusnya guru itu jadi contoh yang baik

5 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, Anonim! Ya, setuju sekali. Terima kasih ya sudah berkomentar :)

5 bulan, 3 minggu yang lalu