Sarinah, Siapakah Dia?

Penasaran? Baca artikel ini!

Tanggapan kamu (4) Sarinah, Siapakah Dia?

Penah denger gak pepatah yang berbunyi, ‘Dibalik pria yang sukses ada wanita yang hebat’ Nah, sekarang kita mau bahas tentang sosok yang pantas kami sebut sebagai wanita hebat.

Wanita itu bernama Sarinah. Siapa sih dia? Untuk warga Jakarta pasti tau itu adalah nama sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Jakarta Pusat. Tau gak kalo sebenarnya, nama Sarinah diangkat dari nama seorang wanita yang sangat menginspirasi Bung Karno, presiden pertama kita?

Sarinah adalah seorang pengasuh yang telah tinggal bersama keluarga Soekarno sejak ia kecil. ‘Mbok Sarinah’, begitu panggilan Soekarno terhadapnya. Ia mengabdikan hidupnya untuk membantu rumah tangga keluarga Soekarno. Ia tidur, tinggal dan makan bersama tanpa mendapat gaji sepeserpun.

Sarinah selalu mengajarkan nilai-nilai baik dan cinta kasih. Ia mengingatkan Soekarno bila besar dan sukses nanti untuk jangan pernah melupakan rakyat jelata, karena segala sesuatu di negeri ini bergantung pada mereka.

"Karno, di atas segalanya engkau harus mencintai ibumu. Tapi berikutnya engkau harus mencintai rakyat kecil. Engkau harus mencintai umat manusia.”

Perkataan dan didikan itulah yang dipegang teguh oleh Soekarno kecil sampai beliau tumbuh besar. Mencintai sesama menjadi bekal awal Soekarno sebelum ia belajar hal-hal lain. Memimpin Indonesia mencapai kemerdekaan, ia membela hak-hak perempuan -- yang akhirnya membuka jalan bagi perempuan, termasuk putrinya, untuk memiliki kesempatan yang sama yaitu memimpin Indonesia.

Pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta didirikan sebagai penghormatan Soekarno terhadap sosok yang paling berpengaruh dalam hidupnya, sosok yang mengajarkan Soekarno menjadi manusia yang mengerti arti penting rakyat.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

kia_putry_kiana

di balik kesuksesan seseorang ada faktor penyemangat besar di dalam nya... dan itu semua benar...

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, kia_putry_kiana, betul sekali. Terima kasih atas pendapat kamu, ya. Baca artikel-artikel...

1 tahun, 1 bulan yang lalu
Queen30_c

Bagus kisahnya

1 tahun, 8 bulan yang lalu
Tampilkan komentar