Sahur tapi gak On the Road!

Jalanan di pagi buta gak cukup aman, kan?

Sahur tapi gak On the Road!

Kalo lagi bulan Ramadan gini, aku ingin aku dan temen-temenku pernah bikin acara sahur bareng. Acaranya seru banget - dan kerennya lagi, kami gak melakukannya di jalanan (sahur on the road). Gini, nih, ceritanya….

Suatu hari, 5 tahun yang lalu…

Thalia: Hey, Uci, sebentar lagi kita mau libur Ramadan, nih. Kita bikin acara, yuk!

Uci: Aku denger sekolah-sekolah lain ada yang bikin Sahur on the Road. Menurutmu gimana?

Thalia: Hmmmm, ku pikir sahur di jalanan bukan ide yang cukup aman? Tapi, yuk, coba kita tanya teman-teman yang lain!

Di hari berikutnya, Thalia dan aku pergi ke ketua OSIS untuk mengajukan acara kami. Aku pikir, sahur emang momen oke buat ngumpul bareng. Kita bisa terkoneksi sama teman-teman sebelum libur Ramadan. Terlebih, kita bisa cerita sama mereka-mereka yang kita percayai dan sayangi. Tapi, kami nggak mau melakukannya di jalanan, terlalu pagi, sepi, dan masih gelap. Kan, kita gak tau bakal ada apa di jalan.

Ini yang Ketua OSIS kami sarankan:

  • Bikin panitia acara kecil-kecilan terlebih dahulu. Dengan begitu, kita bisa ngumpul bareng temen-temen buat saling kasih masukan. Kita bahkan bisa nambah teman baru. Cara bikin kepanitiaannya bisa dengan menyebarkan formulir ke kelas-kelas.
  • Libatkan guru sebagai orang-orang yang bisa menjaga kita. Mereka pasti bantu kalo ada apa-apa.
  • Bikin acaranya di tempat yang aman, kayak di sekolah, di rumah salah satu murid, di masjid dekat sekolah. Pastikan kalo tempatnya aman buat semuanya.
  • Libatkan orangtua dan wali juga, soalnya acaranya, kan, masih pagi. Jadi, orangtua bisa terus komunikasi sama guru.

Pertamanya, Thalia dan aku bikin poster dulu. Lalu, 10 teman baru mau ikutan untuk ngelaksanain acara ini! Aku seneng banget!

Akhirnya kami jalanin acara sahur di masjid dekat sekolah kami. Kami undang anak-anak dari panti asuhan dekat rumahku juga! Iya, sahur kami aman dan meriah! Kami seneng kami bisa melaksanakannya!

Kamu ada tips biar aman sahur bareng? Tuliskan di kolom komentar, ya! Jadi temen-temen Springster lainnya bisa tau~