Let’s Be Friends!

Oleh @Dianaef

Tanggapan kamu (2) Let’s Be Friends!

Hai semua! Tinggal di tempat yang baru itu emang susah! Membuat kita harus beradaptasi sama lingkungan dan orang baru. Aku pernah dianggap sebagai 'orang asing', dan rasanya ga enak banget!

Sampai umur 11, aku tinggal di kota. Setelah lulus SD, aku sekeluarga berencana buat pindah ke kampung dan menetap di sana. Aku sempet gak suka karena menurutku aku udah betah di kota, dan temen-temen deketku juga kebanyakan di kota. Tapi mau gimana lagi? Akhirnya aku mau juga pindah ke kampung.

Awal pindah ke kampung, aku sama sekali gak kenal siapa pun. Aku gak punya temen di lingkungan ini. Begitu juga pas masuk SMP. Karena aku pindahan dari kota ke kampung, bahasaku beda sama bahasa temen-temen. Aku juga selalu ditanya, "Kamu pindahan, ya? Bahasa kamu, kok, beda?" Hal itu ngebuat aku minder dan kesulitan buat mencari temen.

Setelah beberapa bulan tinggal dan sekolah di sini, akhirnya aku mulai bisa kenal lingkungan dan bisa dapet temen. Aku disaranin sama Mamah buat mencoba dapet temen dari lingkungan rumah dengan cara ikut organisasi remaja yang ada. Pikirku , mungkin cuma sedikit yang mau jadi temenku karna bahasaku yang beda ini. Tapi nggak, tuh! banyak anggota lain yang antusias menyambut aku buat jadi temen mereka. Aku seneng banget! Akhirnya punya temen di lingkungan rumah!

Beda dengan di sekolah. Kalo di sekolah ada cara yang kubuat sendiri buat dapetin temen:

  • Aku berusaha buat pede , selalu senyum buat 'say hello' duluan sama calon temen baru.
  • Biasanya di sela perkenalan aku selingin sama topik seru kayak, "Kamu pernah main Minecraft?" Tujuannya buat cari kesamaan, kalo misalkan 'klop' kan bisa langsung akrab :)
  • Aku juga gak pernah milih milih temen. Karena 'everybody is unique in their own way’.
  • Kadang aku juga suka bertingkah 'sedikit' konyol buat tunjukkin kalo aku itu menyenangkan
  • Aku selalu bantuin mereka sebisaku walaupun mereka gak minta bantuan —aku berusaha untuk ada demi mereka.

Kalo kamu suka membaca cerita ini dan ingin ikutan berbagi ceritamu sendiri (dan dapet kesempatan buat memenangkan pulsa sebesar Rp. 50.000,-!), cek kompetisi menulis kami, ya.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Thari

Cerita nya menarik dan mengispirasi saya.....

9 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai hai, Thari! Terima kasih ya sudah membaca artikel ini ;D

9 bulan, 1 minggu yang lalu