Lebih Dari Sekadar Jendela Dunia

Lebih banyak buku yang terkirim = Lebih erat hubungan kami

Tanggapan kamu (2) Lebih Dari Sekadar Jendela Dunia

Kadang kita suka mikir gini: “Pernah gak, sih, kita ngabisin waktu buat ngobrolin hal-hal yang penting buat kita?” Kita tau kalo kita bisa berguna--dan kita bisa berguna bareng-bareng!

Akhirnya pada tahun 2015 aku bikin wadah yang bernama Narasastra. Orang-orang yang ada di dalam organisasi ini adalah temen-temen kampusku yang kece-kece. Mereka punya hobi yang sama kayak aku: baca dan nolongin orang. Jadi, pas banget dengan tujuan Narasastra yang pengen bikin semua orang di dunia--terutama Indonesia--baca dan nulis lebih banyak lagi! Kami udah nyumbangin ratusan buku ke sekolah-sekolah di pelosok Indonesia. Kami yakin banget, dengan banyak baca buku, kita bisa lihat dunia dari kacamata yang bijaksana!

Ohya, siapa yang tau kalo kemarin ada yang namanya Hari Pos Dunia? Narasastra juga pernah, lho, ngajak remaja kayak kita untuk nulis pos buat Oma dan Opa di Panti Werdha. Seneng banget, deh, bisa punya organisasi bareng temen yang kita kenal dekat, dan sekaligus ngelakuin hal baik untuk masyarakat!

Kamu juga bisa, lho, bikin klub, komunitas, atau organisasimu sendiri! Nih, aku punya tips-tipsnya:

  1. Kamu harus yakin sama apa yang kamu mau, supaya nanti wadahmu gak jalan setengah-setengah. Emang gak gampang, tapi kalo kita teguh pendirian, pasti bisa!
  2. Ajakin temen-temen yang punya hobi atau tujuan yang sama kayak kamu untuk jalanin ini sama-sama. Mau gimana juga, semua hal bakal lebih aman dan nyaman kalo dikerjain bareng!
  3. Kasih tugas yang tepat buat semuanya. Makanya penting banget untuk ngertiin keahlian masing-masing anggota juga.
  4. Cari mentor yang tepat di sekolah atau di kampus kamu. Mereka punya pengalaman lebih dan mudah-mudahan bisa ngasih bantuan tips menjalani wadahmu.
  5. Selalu bawa catetan yang bilang, “Kalo kita melakukan ini barengan, kita bisa menggapai hal-hal yang lebih besar!” Ingetin diri kita kenapa kita melakukan ini bareng-bareng dari awal.
  6. Ketemu secara rutin di tempat yang aman kayak di kantin sekolah, di rumahmu sendiri, atau di rumah anggota yang kamu kenal dekat. Ketemuannya bisa di jam-jam terang, kayak pas jam istirahat sekolah atau Sabtu siang. Jangan bikin gengmu pulang kemaleman, ya!

Jadi, sekarang kita tau, aku bikin Narasastra bukan cuma biar masyarakat bisa ngeliat ke luar jendela dunia, tapi aku bisa dekatin diriku sama teman-temanku juga lewat hal yang kita jalanin bareng-bareng!

Kamu punya rencana bikin klub bareng temen-temenmu? Ceritain di kolom komen, dong! Aku pengen tau klub apa yang pengen kamu bikin!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Ikaparamita

Wah seru yahh😊 Sayangnya aku belum memiliki klub bareng teman seperti anda 😢

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai @Ikaparamita, apakah kamu sudah mencoba membuat klub sendiri? Kalo bikin klub dirasa terlalu...

Baca selengkapnya 1 tahun, 1 bulan yang lalu