Karir Yang Nggak Pernah Kalian Pikirkan: Ahli Taksonomi Bambu, Prof. Elizabeth Anita Widjaja

Siapa bilang pilihan karir hanya itu-itu aja?

Tanggapan kamu (3) Karir Yang Nggak Pernah Kalian Pikirkan: Ahli Taksonomi Bambu, Prof. Elizabeth Anita Widjaja

Bingung masalah karir? Santai, semua orang ada jalannya. Entah itu jadi guru, pengusaha, model atau seniman, apapun pekerjaan yang akan kalian jalani, asal tekun dan tulus, pasti sukses.

Ada nggak tuh pekerjaan yang nggak pernah kalian pikirkan, eh ternyata beneran ada? Adaaaa.

Jadi ahli bambu.

Ya benar, kalian nggak salah baca. Ada seseorang yang sangat mencintai tumbuhan multiguna tersebut sampe-sampe ia mengabdikan hidupnya untuk meneliti bambu. Ia bernama Elizabeth Anita Widjaja, dan sekarang dia adalah satu-satunya ahli taksonomi bambu di Indonesia!

Berkat kerja kerasnya, Elizabeth berhasil menemukan 80 varian dari 160 jenis bambu di Indonesia. Dua kali Elizabeth meraih penghargaan The Best Scientist di LIPI dan dua kali mendapat penghargaan Satyalancana Karya dari pemerintah. Selain itu, dia memperoleh penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Abdurrahman Wahid dan Harsberger Medal dari Society of Ethnobotanists, India.

Saking cintanya sama bambu, dia sampe mengenakan kaus kaki dan baju dari bambu!

Kecintaannya pada bambu dimulai ketika ia sedang mengerjakan skripsi tentang alat musik bambu di Jawa Barat pada tahun 1975 saat menjadi mahasiswi tahun ajaran terakhir di Universitas Padjajaran Bandung.

Sejak saat itu Elizabeth makin serius dengan ilmu taksonomi, khususnya bambu. Dia kemudian bertanggung jawab untuk memberi nama bambu-bambu temuannya. Sampe akhirnya dosennya pun menawarkan Elizabeth untuk bekerja di Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Tawaran beasiswa ke luar negri mulai berdatangan, sampai akhirnya Elizabeth berhasil menjalani pendidikan S-3 di Inggris dan kembali ke Indonesia.

Ini membuktikan bahwa karir atau pekerjaan emang kadang terkesan “aneh” tapi asal kalian mencintai apa yang kalian kerjakan, nggak ada hal yang terlalu aneh!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

kia_putry_kiana

menjadi orang yang berprestasi harus usaha dahulu...

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo @kia_putry_kiana! Tentu saja, usaha itu tidak akan mengkhianati hasil! Semangat terus ya :)

1 tahun, 1 bulan yang lalu
Anonim

Saya sngat suka artiker ini

2 tahun yang lalu
Tampilkan komentar