Aku Bawa Terang ke Seluruh Kampungku

Gadis cerdas punya kekuatan!

Tanggapan kamu (2) Aku Bawa Terang ke Seluruh Kampungku

Beberapa orang menganggap ada pekerjaan yang ngga bisa dilakukan wanita! Beberapa negara bahkan punya undang-undang yang mengatur hal ini. Inilah cerita seorang gadis remaja.

Namaku Eugenie, Aku 18 tahun dan tinggal di Rwanda. Awal kisahku sedih - ayah dan saudara-saudaraku meninggal, tinggal aku dan Ibuku. Ibuku luar biasa. Terlepas dari masa-masa sulit, dia tunjukkan sama aku bagaimana mengandalkan diri sendiri dan kerja keras. Dia adalah pahlawan aku. Lalu aku dapat kesempatan buat membalasnya!

Waktu aku di SD, di rumah kami ngga punya listrik. Jadi, betul-betul susah buat kerjakan tugas rumah dan PR. Aku kesusahan mengerjakan PR dengan cahaya lilin yang remang-remang. Aku mulai bermimpi, alangkah enaknya kalau ada lampu di rumah. Cuma itu yang ada dalam pikirannya aku untuk tahun depan.

Aku bermimpi jadi seorang montir listrik. Aku mau tunjukkan kalau aku bisa giat belajar dan melakukan pekerjaan dengan baik - bahkan lebih baik daripada anak-anak lelaki di sekolah! Aku bisa jadi orang yang bawa terang ke kampung kami.

Akhirnya aku bicara sama seorang montir listrik di kota. Dia ajari aku bagaimana menyambung kabel ke baterai dan menghasilkan listrik. Sesudah sedikit pembinaan, aku bisa melakukannya dengan benar!

Waktu tetangga-tetangga kami melihat apa yang aku lakukan, mereka juga mau listrik di rumah mereka. Aku bisa lakukan hal yang sama, adakan listrik di rumah mereka dan kenakan sedikit bayaran buat menerangi rumah mereka juga. Uang yang aku dapatkan dari menjadi montir listrik masayarakat dipakai buat bayar biaya sekolahku.

Sekarang tahun ke limanya aku belajar teknik listrik di sebuah perguruan tinggi yang betul-betul bagus di Rwanda.

Saran aku buat gadis-gadis remaja adalah belajar sebanyak yang kamu bisa waktu kamu di sekolah. Ngga ada pekerjaan yang cuma buat pria. Penting buat gadis-gadis remaja buat belajar pelajaran teknik juga! Wanita bisa jadi ilmuwan, teknisi, dan peneliti yang hebat! Jadi, kalau ada sesuatu yang menarik buatmu, belajarlah dengan giat dan jangan menyerah. Sama-sama kita bisa buat dunia ini jadi tempat yang lebih baik!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

RaiyaniRuida

Kerenn :)

1 tahun, 2 bulan yang lalu
Nakagawa

Cita cita ku sangat banyak termasuk menjadi ahli listrik

1 tahun, 5 bulan yang lalu