Duh, Aku Malu Gak Bisa Puasa!

Haruskah aku sembunyikan fakta kalau aku lagi dapet?

Duh, Aku Malu Gak Bisa Puasa!

Hari ini, aku datang ke sekolah dengan perasaan cemas.

Sekarang bulan Ramadan, tapi aku gak bisa puasa hari ini. Iya, aku lagi dapet. Makanya mamaku membuatkanku bekal, tapi semua orang kan lagi puasa, dan kalau mereka lihat aku makan, mereka akan tahu kalau aku lagi dapet.

Kayaknya Shinta bisa ngerasain deh kalau aku lagi cemas. Soalnya tiba-tiba dia nanya ke aku “Kamu gak apa-apa?”, dan aku balas “Gak apa-apa!” tapi terus dia gak sengaja lihat kotak bekalku di tas, dan bertanya “Kamu lagi gak puasa?”. Aku malu banget, dan aku langsung buru-buru ngumpetin kotak bekalku.

“Jangan bilang siapa-siapa ya kalau aku lagi dapet!” aku memohon. Shinta cuma senyum dan bilang, “kamu gak perlu malu kalau lagi dapet!” Aku kaget kok Shinta bilang begitu, aku sangka dia mau ngeledek aku.

“Normal kali, kalau cewek itu dapet. Artinya kita itu sehat, terus, menstruasi itu bagian dari pertumbuhan buat kita.” Aku mengangguk, aku gak nyangka ih kalau Shinta bisa sebijak ini!

“Lagian, kalau kamu lagi mens, kamu butuh makanan yang penuh zat besi, seperti ati, ikan, atau tahu untuk menutup kekurangan mineral saat kamu lagi mens. Jadi, gak puasa itu pilihan terbaik untuk kita para cewek. Betul, gak?” Aku pun mengangguk lagi.

Aku jadi lega, akhirnya aku memutuskan untuk makan bekalku di kantin, bersama dengan teman-temanku yang tidak menjalankan ibadah puasa. Aku ngerti sekarang, menstruasi itu normal banget, dan itu bagian dari masa pubertas aku, jadi kenapa harus malu? Harusnya aku bangga, artinya kan aku tumbuh dengan sehat!

Bagaimana dengan kalian? Pernah gak sih kalian ngerasain apa yang aku rasain, dan gimana cara kamu ngehilangin rasa malu itu? Share cerita dan tips kamu, dong!