Do Something, Jangan Do Nothing

Oleh @Ayusetya

Do Something, Jangan Do Nothing

Halloooo sahabat Springster di mana pun kalian berada. Sebelumnya perkenalkan, nama aku Ayu, kelas 1 SMK dan tinggal di Yogyakarta.

Jadi di sini aku akan bercerita tentang Do It For Duit versi aku nihhh. Oke selamat membaca ceritanya! Jadi waktu itu aku lagi bener-bener butuh duit banget, tapi aku nggak mau dikit-dikit minta uang sama orang tua. Kenapa? karena aku ingin menjadi seseorang yang mandiri. Akhirnya selama beberapa hari aku berpikir gimana yaa caranya do something yang bisa menghasilkan duit.

Langkah yang pertama, aku dateng ke rumah tetangga yang kebetulan punya usaha produksi telur asin. Terus aku ngomong sama anaknya yang punya telur asin itu, "Dek, tanyain sama ibunya dong, boleh nggak kalo kakak bantuin nyuci telurnya?". Setelah itu aku dibolehin bantuin nyuci telur telur bebek yang masih kotor yang baru aja diambil dari kandang bebeknya. Yaaa emang kotor, tapi demi uang aku tetep do it demi duit.

Akhirnya setelah beberapa jam, tugas nyucinya udah selesai dan aku dikasih uang Rp15.000. Jujur habis itu rasanya pegel banget, tangan juga jadi dingin. Tapi rasanya seneng, bisa dapet uang sendiri coyyy.

And then, aku ngebantuin temenku mengumpulkan iuran untuk acara piknik di desa tempat tinggalku. Ternyata narik uang itu susah-susah gampang. Kok bisa? Ya bisa dong, kadang orang yang mau kita mintain iuran lagi nggak ada di rumah dan aku harus ke situ lagi bolak balik. Kadang juga ada yang kalo dipanggil nggak nyaut-nyaut, jadi manggilnya harus ekstra, biar orang yang mau dimintain iuran denger. Ya ampunnn perjungan banget kannn???

Akhirnya setelah semua selesai, uang yang tadi aku kumpulin di desa, aku serahin ke temenku. Dan aku nggak nyangka kalo bakal dikasih uang Rp20.000. JENG JEEENGGG. Seneng banget dehh 😁

Langkah terakhir, aku bikin aksesoris untuk hijab dengan bahan dasar kain perca atau kain sisa jahitan. Lalu aku jual ke tetangga-tetangga yang suka pake hijab. Hasilnya lumayan bisa buat jajan atau ditabung.

Mulai saat itu, aku jadi tau betapa susahnya nyari uang sendiri. Nah, itu tadi singkat cerita Do It for Duit versi aku. Oh iyaaa waktu itu kebetulan liburan sekolah, jadi aku bisa punya waktu banyak untuk Do It for Duit-nya hehe.

Buat kalian semua sahabat Springster, kalian harus coba nihhh gimana rasanya dan caranya biar bisa dapet uang sendiri. Misalnya kalian punya waktu luang, kalian bisa membuat kerajinan tangan yang kira-kira bisa laku dijual dan menghasilkan uang. Kalau punya waktu luang, manfaatkan dengan baik. Kalian harus do something yang bermanfaat, bukan do something tapi nothing.

Oke, mulai sekarang kita harus semangat to do it for duit. Asalkan jangan sampai mengganggu konsentrasi belajar kita. Salam do it for duit buat sahabat Springster!