“Dengerin aku juga, dong!”

Aku belajar bicara - dan kamu juga bisa!

“Dengerin aku juga, dong!”

Aku seneng banget karena grup kecilku dapet tugas dari pelajaran Biologi, buat bikin maket ekosistem hewan Sumatra. Mungkin aku emang gak terlalu pintar di pelajaran Biologi, tapi aku lumayan bisa kerajinan tangan! Jadi aku bisa bantuin temen-temenku dengan bikin maket!

Jadi, hari ini, aku dan 2 temanku ngumpul di rumah Siti buat ngerjain tugasnya. “Oke, jadi kita mau bikin pake apa, nih? Lilin? Kertas?” Tanya Audrey.

Sejujurnya, aku tau kalo kita sebaiknya pake kertas bubur buat bikin “tanah”, dan kita bisa pake lilin buat bikin hewan-hewannya. Oke! Aku mau kasih tau mereka!

“Mmmm… Menurutku…” “PAKE KERTAS AJA, YOK!!” Siti tiba-tiba motong. Terus dia buru-buru nyuruh kita untuk motong-motongin kertas jadi bentuk hewan. Aku jadi gak bisa ngasih tau. Kadang-kadang emang suka gini. Mereka baik banget sebagai temen, tapi aku pengen juga didengerin.

“Tunggu, Siti! Kok, itu gak keliatan kayak harimau? Itu, sih, kucing!” Kata Audrey ke Siti. “HAHAHA, maaf, Audrey! Susah banget ternyata buat bikin hewan pake kertas!” Ah, jadi berantakan, deh! Aku harus buru-buru bilang.

Biar makin pede buat ngomong, aku nyiapin hal-hal ini:

1. Bikin catetan di kertas kecil.

Tulis kenapa bakal lebih oke kalo bikinnya pake kertas bubur dan lilin. Gak lupa bilang kalo aku bisa bantu bikinin.

2. Pada saat ngomong, jangan lupa N-A-P-A-S.

Tarik napas 10 detik, dan buang 10 detik juga. Pasti bakal lebih tenang.

3. Cari motivasi.

Oke, motivasiku adalah untuk dapetin A buat tugas ini! Mereka juga pasti mau.

4. Dengerin yang lain.

Mereka juga pasti punya kelebihan yang aku gak punya. Jadi harus terbuka juga sam mereka!

“Oke, temen-temen! Mendingan kita bikin pake bubur kertas dan lilin aja! Aku bisa bantuin, dan pasti bakal seru banget buat bikin pake bubur kertas! Kayaknya murid lain juga gak pake bubur kertas, gimana kalo kita incar nilai A untuk kreativitas dan detail? Audrey bisa bantu kasih tau tentang hal-hal yang harus dibikin! Terus, Siti bisa bantu ambil koran bekas sebanyak-banyaknya di rumah ini!”

Mereka ngangguk dan setuju sama saranku. Oke! Kami menggunakan sisa sore hari buat bikin maket dan hasilnya luaaaar biasa keren! Pengetahuan Biologi Audrey emang gak ada duanya, terus untungnya Siti punya barang-barang yang dibutuhkan. Aku seneng juga karena aku akhirnya didenger! Tapi yang paling penting, kami bersenang-senang saat bikin maket!

Jadi, Springster! Kamu pernah gak, kurang didengerin gitu? Gimana kalo cobain tips ngomong dari aku? Atau kalo kamu juga punya tips lain, bole banget tulisin di kolom komen, yah!