Bocor di Sekolah? Jangan Takut!

Oleh @SalwaCan

Bocor di Sekolah? Jangan Takut!

Salah satu tanda seorang gadis mengalami pubertas adalah dengan menstruasi. Darah menstruasi tak dapat kita kontrol kapan awal datangnya, atau seberapa banyak keluarnya. Inilah yang sering membuatku jengkel.

Aku masih ingat betul, ketika kelas 2 SMP darah menstruasiku keluar sangat banyak. Aku gelisah. Ketika pelajaran di kelas masih berlangsung, dudukku terasa sangat tak nyaman. Dan benar saja, di akhir pelajaran, saat semua beranjak berdiri bersiap pulang, aku hanya dapat berdiam diri. Pasalnya aku tau, noda darah itu menembus hingga membekas pada kursiku. Aku malu, tak ingin orang lain tahu.

Untungnya, teman dekatku mengerti kegelisahanku. Ia menenangkanku, memberiku kata-kata penyemangat bahwa semuanya akan baik-baik saja. Kebetulan ia bertugas piket di hari itu. Alhasil sembari menunggu ia membersihkan kelas, aku sendiri membersihkan noda di kursiku itu. Tak lama aku pulang bersamanya, tas punggungku ku rendahkan agar menutupi rok biruku yang bernoda.

Inilah kisahku. Hal yang paling aku takuti dimasa pubertas itu adalah bocor saat menstruasi terutama saat berada di sekolah. Nah, disaat seperti inilah peran seorang sahabat sangat diperlukan. Untuk sekedar memberi pengertian agar hati kita tak terus dirundung rasa gelisah.

Juga, untuk mengantisipasi bocor ini jangan lupa atur pola makan yang sehat dan jangan beraktivitas berlebihan . Oh ya, sediakan juga pembalut dan rok cadangan di tasmu saat ke sekolah ya! :D