Bersatu Kita Teguh: Apa yang Bakal Terjadi Saat Cewek dan Cowok Saling Dukung

Karena AKU atau KAMU gak ada yang lebih kuat dari KITA!

Bersatu Kita Teguh: Apa yang Bakal Terjadi Saat Cewek dan Cowok Saling Dukung

Hai, hai! Namaku Luna, dan aku sekarang kelas 1 SMP. Aku dulu gak suka banget sama cowok. Aku mikirnya, cowok itu menggelikan, gak peka, dan nyebelin!

Tapi suatu hari, sesuatu berubah. Sejak hari itu, aku sadar kalau cowok itu bukan musuh dan sesuatu yang keren bisa terjadi kalau cewek dan cowok saling dukung!

Semua berubah saat guru IPA meminta kami bikin projek IPA. Guru kami pun memasukan aku ke grup yang sama dengan para cowok di kelas.

Awalnya emang rada sulit, aku pun sadar aku harus berbuat sesuatu, nih. Jadi aku buka diskusi dengan “Menurut kalian, kita harus bikin apa?” Suasana jadi lumayan cair, dan setiap orang pun jadi menyuarakan pendapat mereka.

Salah satu dari mereka ngasih ide buat bikin imitasi gunung berapi pakai bubur kertas. Menurut aku itu ide yang keren! Jadi aku bilang ke mereka, “Ya ampun, keren idenya!” dan aku bisa liat, mereka malu-malu tapi senang! Aku gak tau cowok bisa malu juga! Jadi, kami memutuskan untuk bikin gunung berapi dari bubur kertas buat projek IPA kami.

Semakin kami ngerjain projek ini bareng, semakin aku sadar kalau cowok dan cewek itu bisa punya banyak kesamaan. Kayak waktu gunung berapi kami gak mau meletus, kami semua sama-sama panik! Atau saat kami akhirnya menemukan bahan yang tepat untuk bikin gunung berapi kami meletus, kami sama-sama teriak “Yes!” dan kami saling tos, soalnya seneng banget! Kami pun bekerja bareng untuk bikin projek IPA ini berjalan.

Pas bagian kami untuk menampilkan projek kami, kami menunjukkan projek kami bersama dan semua orang terkesan, bahkan guru IPA kami memuji dan kami semua dapat nilai A!

Setelah itu, pemikiran aku soal cowok berubah, deh. Mereka bukan musuh lagi, kini mereka teman! Mereka juga bisa merasa sedih, senang, panik, tapi bersama, kami bisa bikin hal-hal keren.

Setelah projek IPA ini, aku sadar kalau pertemanan antara cewek dan cowok itu mungkin, dan ini beberapa cara mewujudkannya: Selalu inget kalau cewek dan cowok itu punya banyak kesamaan. Kita emang beda, tapi kita juga sama! Saling menghargai kuncinya. Menghargai orang lain adalah cara memulai pertemanan. Saling mendengarkan, juga saling dukung. Jadi dirimu sendiri dan biarkan mereka mengenal kamu. Jangan lupa juga untuk bersenang-senang! Cari hal yang sama-sama kamu suka, kayak projek IPA ini, dan lihat gimana kamu bisa membangun persahabatan dari berbagi hal yang kamu suka.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya cerita tentang bekerja sama dengan teman cowokmu? Aku mau dengar juga, dong!