Bernyanyi Lebih Keras!

Kisah Tika Prasastya, penyanyi yang juga pengisi jingle iklan TV!

Bernyanyi Lebih Keras!

Taukah kamu, cita-cita itu bisa berubah seiring berjalannya waktu?

Seperti yang dialami Tika Prasastya, penyanyi yang juga pengisi jingle di iklan TV! Yuk simak obrolan Springster sama Tika.

Springster: Hai Tika, apa sih, cita-cita Tika waktu kecil? Tika: Hai! Waktu kecil itu aku pengen banget jadi dokter hewan. Waktu itu, anjing kesayanganku mati dan dan aku jadi bertekad pengen nolong binatang. Tapi taunya aku malah masuk IPS di SMA hahaha. Dan itu gak apa-apa.

S: Sejak kapan suka nyanyi? T: Dari kecil. Aku belajar mainin keyboard kecil punya kakakku sendiri sambil nyanyi. Ibuku liat 'potensi' itu terus aku didaftarin ke sanggar nyanyi pas kelas 3 SD. Aku ikutan festival lagu Nasional dan Minang, dan surprisingly aku lumayan sering menang. Mulai kelas 8, aku belajar main gitar secara otodidak lewat buku chord gitar yang dijual di pasar. Kan zaman dulu gak ada YouTube, hehehe.

S: Cara Tika sampe bisa menjadi penyanyi seperti sekarang? T: Awal SMA, aku ngeband bareng temen-temen cowok. Terus pas aku kuliah ke Jakarta aku sempet ikut audisi Indonesian Idol di dua kota; Bandung dan Jakarta. Udah ngantri lama banget, sayangnya ditolak mentah-mentah di tahap pertama. Setahun kemudian, aku mulai iseng-iseng aktif di Soundcloud. Tau-tau ada yang ngehubungin, dan nawarin aku ngisi jingle iklan! Katanya dia tau aku dari Soundcloud-ku yang sepi itu. Lalu tahun-tahun berikutnya aku lumayan aktif nyanyi di kafe, jadi wedding band, sampe ikutan komunitas, yang bantu bikin lingkaran pertemananku makin luas, aku juga sekaligus bisa nyalurin hobiku. So happy!

S: Dulu pernah gak sih kepikiran bisa dapet uang dari nyanyi? T: Gak kepikiran sih. Dulu aku dapet tepuk tangan aja udah seneng banget. Saat pertama kali nyanyi dibayar, itu rasanya seneng minta ampun, mana aku juga anak rantau kan. Sejak saat itu aku mulai nyeriusin hobiku ini, itung-itung nambahin uang jajan kuliah, supaya gak ngerepotin orang tua terus. Akhirnya aku juga sadar, kalo apa yang aku impikan dan aku senangi bisa juga menguntungkan.

S: Pesan Tika untuk Springster? T: Mimpi dan cita-cita itu bisa berubah, jadi jangan khawatir. Temuilah teman yang satu hobby denganmu lewat komunitas. Selain nambah temen kamu bisa memperluas koneksi. Itu juga bisa bikin kamu merasa dihargai dan jadi diri kamu sendiri.

S: Menginspirasi sekali! Terima kasih, Tika! Sukses selalu! T: Ya, semangat terus ya Springster!