Berkenalan dengan Zara Zahrina, Girlboss Dibalik Shophella

Kami berbincang tentang impian, makeup dan perjalanannya dalam mencari teh susu terbaik!

Tanggapan kamu (3) Berkenalan dengan Zara Zahrina, Girlboss Dibalik Shophella

Kalo kamu adalah salah satu orang yang menghabiskan cukup banyak waktu di internet, kamu pasti familiar dengan perempuan satu ini. Ia pemilik Shophella , lapak Instagram yang menjual segala pernah-pernik mulai dari choker, kaos dan barang- barang yang nggak gampang ditemui di tempat lain. Makeup dan video tutorialnya selalu dalam kualitas terbaik dan baru-baru ini ia dan temen-temennya membentuk sebuah band punk rock yang mereka namai Nonanoskins. Masih belum tau? Yuk kenalan dengan Zara Zahrina, seorang gadis dengan segudang talenta.

Hei Zara, apa kabar? Apa yang bikin kamu semangat belakangan ini?

Halo, kabarku baik! Aku baru aja pindah ke Kyoto, sekitar 3 hari yang lalu dan aku nggak sabar buat nyobain makanan sini dan jalan-jalan keliling kota naik kereta, semoga nggak nyasar.

Ngomong-ngomong, kita suka banget caramu memilah dan menata barang-barang jualanmu di Shophella. Keren banget! Gimana sih awalnya kamu memulai Shophella?

Wah, makasih! Aku mulai ngejalanin Shophella itu pas awal kuliah saat aku berjuang untuk membayar uang kuliah plus kebutuhan sehari-hari. Semua aku kerjain sendiri, mulai dari postingan socmed, nanganin pembeli di LINE sampe produksi juga. Awalnya aku pengen bikin clothing line yang ditargetkan untuk anak-anak muda yang “melek” internet dan gemar akan kultur internet (emoji, dll) tapi aku belum punya sumber daya yang cukup saat itu (oke aku sempet nyoba sih tapi malah nggak jalan) jadi yaudah, aku memutuskan untuk beralih ke jualan aksesoris (kalung, gelang, choker, dll). Terus aku mulai bikin t-shirt dan ternyata laku keras, sekarang aku berencana untuk memproduksi lebih banyak t-shirt yang nantinya bakal aku kembangin sesuai dengan impian dan rencana awalku yaitu bikin clothing line.

Berbagi dikit dong tips atau ide untuk pembaca kami yang berencana memulai bisnis kecil-kecilan, terutama di Instagram.

Riset itu penting banget! Biar bisnismu terus berjalan, kamu harus mulai dengan riset yang mendalam. Bisnis seperti apa yang pengen kamu jalani? Siapa aja lawan mainmu? Apa aja kekuatan dan kelemahannya? Nanti produksinya bakal kamu kerjain sendiri atau diserahkan ke pihak ketiga? Coba ibaratkan brand kamu sebagai seseorang, orang seperti apakah dia? Siapa kira-kira yang akan menjadi target marketmu? Mempertanyakan hal-hal semacam ini itu perlu, bahkan setelah bisnismu udah berjalan lancar. Karena mungkin kamu mikir persiapanmu udah sempurna, tapi banyak banget hal yang dapat berubah, bahkan dalam hitungan menit. Kamu pengen terus maju, kan? Dunia bisnis bergerak cepat dan untuk terus bersaing, kamu harus punya mental “penasaran” dan pikiran yang selalu terbuka.

Apa aja sih pengalaman susah-senangmu selama menjalani Shophella?

Ini aku jawab dengan jujur ya...Nggak ada yang aku tutup-tutupi. Bagian terbaik ya ngehasilin duit dan jadi mampu bayar ini-itu hahaha. Tapi yang nggak kalah menyenangkannya adalah saat aku ngeliat orang-orang memakai hasil karyaku yang membuatku berpikir, “wah, ternyata orang-orang beneran suka dengan produk yang kubuat.” Kayaknya normal deh, saat kamu bikin sesuatu dan memperkirakan reaksi atau tanggapan orang banyak atas karyamu itu. Salah satu yang sangat berkesan bagiku adalah pas ngeliat seorang cewek sedang memakai kalung yang kubuat dan dia bilang dia suka banget dan dipake terus. Nggak banyak yang bisa ngalahin perasaan puas ketika melihat produk atau hasil karyamu diapresiasi orang lain. Terus, pengalaman susah dalam menjalani Shophella...paling bagian nggak bisa make uang yang masuk karena langsung aku tabung buat investasi haha terus kadang angka penjualan gitu-gitu aja (sampe sekarang hal ini masih bikin aku kepikiran).

Ada nggak website atau blog yang menjadi sumber inspirasimu? Sertakan beberapa sumber lokal juga ya!

Duh apa ya. Paling aku rajin memantau dari social mediaku aja. Bagiku menarik untuk ngeliat media sosial seakan mengubah kita jadi pemilik media pribadi yang bebas memutuskan konten apa yang pengen kita liat juga post. Sama aja kayak “menyajikan” diri kita sebagai brand. Orang-orang seperti @nikkilipstick @beibadgirl dan @creepyyeha di Instagram sukses tuh menggabungkan personal branding mereka dengan bisnis mereka (langkah yang lumayan berisiko) yang cukup menarik menurutku. Kalo sumber lokal, forum Female Daily adalah favoritku, isinya lengkap banget mulai dari review makeup, serba-serbi belanja online sampe ngomongin soal keuangan. Kadang ada juga sesi tanya jawab dengan ahli dari beberapa bidang dan menurutku fitur ini sangat membantu walau kamu mungkin awalnya cuma niat browsing-browsing doang.

Sekarang, cerita lebih banyak tentang dirimu dong; apa hobimu dan kegiatan keseharianmu, dll.

Kalo kamu perhatikan di video-video yang aku upload di akun Youtube ku, kamu pasti ngeh deh kalo aku suka banget sama make up dan skincare (produk perawatan kulit wajah), saking sukanya aku sampe luangin waktu untuk nyari produk-produk incaranku, bahkan aku gali informasi tentang bahan-bahan yang digunain dalam produk tersebut! Terus aku cocokin dan campur pemakaiannya dengan produk lain! Karena sekarang aku tinggal di Jepang, kebiasaanku ini makin parah, setiap ke supermarket pasti langsung ke rak skincare dan makeup trus ngeliat banyak banget pilihannya dan emang bagus-bagus banget produknya!!! Selain ini, obsesiku termasuk hoop rings, hunting teh susu terbaik dan yang terakhir, band dari Taiwan bernama The White Eyes.

Terakhir, apa langkah selanjutnya bagimu?

Banyak! Untuk sekarang, aku dapet beasiswa di Universitas Kyoto selama 6 bulan, ninggalin Shophella bentar (adikku yang ngurusin dulu untuk sementara) dan sibuk di bandku Nonanoskins, yang baru aja ngerilis single dan ngelarin beberapa demo. Untuk ke depan, aku ga sabar nulis lagu-lagu baru dan manggung live (jujur ini membuatku nervous karena aku belum ada pengalaman sama sekali) terus aku juga berencana untuk buka bisnis yang masih berhubungan dengan musik. Selama di Jepang, aku pengen melatih keahlian fotografi (aku lagi biasain bawa kamera kemanapun!) dan mungkin bikin video tutorial makeup, terus kalo cukup uangnya aku pengen nabung buat beli bass. Ya, kira-kira ini aja sih, oh paling sama nyari tau rute kereta bawah tanah di Jepang biar ga nyasar-nyasar lagi!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

kia_putry_kiana

keren aku suka banget membaca artikel ini tentang mewawancarai tokoh terkenal.. kapan kapan...

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai @kia_putry_kiana! Terima kasih atas sarannya! ;)

1 tahun, 1 bulan yang lalu
kathreen_Amalia

Wah menginspirasi banget lho ceritanya.

1 tahun, 7 bulan yang lalu
Tampilkan komentar