Beda Zaman, Beda Pekerjaan

Apa ya, kata kakek tentang pekerjaan zaman sekarang?

Tanggapan kamu (2) Beda Zaman, Beda Pekerjaan

Kadang kita lupa kalo kakek atau nenek juga pernah muda kayak kita! Di masa mudanya, mereka juga mengalami apa yang kita alami lho. Dan walaupun banyak perbedaan antara zaman dulu dan zaman sekarang, banyak hal bisa kita pelajari dari situ. Termasuk dalam urusan pekerjaan.

Topik ini seru banget buat diobrolin bareng biar kita semakin akrab sama kakek-nenek kita! Kayak aku, yang kemarin habis ngobrolin hal ini sama kakekku. Ternyata banyak banget yang nggak aku tau tentang rasanya mencari pekerjaan di zaman mereka dulu. Aku juga jadi curhat sama kakekku soal wawancara kerjaku minggu lalu! Penasaran kan? Yuk baca kisah kami!

Aku (A): Kek, minggu lalu aku baru aja ikutan wawancara kerja dan aku gugup banget! Aku takut kalo aku nggak keterima. Soalnya sampe sekarang aku belum dapet kabar! Aku harus gimana, ya?

Kakek (K): Eh, jangan khawatir! Tenang dulu, sebentar lagi pasti pengumumannya keluar! Tapi ngomong-ngomong kerjaan, kamu tau kan, kalo kakek guru. Dan 40 tahun lalu, kakek harus ikut program transmigrasi dengan guru-guru lainnya. Jadi harus pindah dari Jawa ke Kalimantan, dengan nenekmu juga. Karena Kakek harus ninggalin kampung halaman dan keluarga besar, pengalaman ini bikin Kakek belajar caranya beradaptasi dan berteman dengan orang-orang di lingkungan baru!

A: Aku belajar tentang transmigrasi di sekolah, tapi nggak sadar kalo kakekku sendiri ternyata melakukannya ya, Kek. Apalagi orang-orang zaman sekarang kan lebih suka pindah dari desa ke kota besar buat bekerja. Kayak Mbak Rara, yang sekarang lagi kerja jadi manajer artis di Jakarta!

K: Ya, Kakek seneng banget dia bisa dapat kerjaan yang dia senangi. Waktu itu Mbakmu pernah bilang, dia dapat tawaran kerjaan dari Gramgram? Kakek nggak ngerti sih, pokoknya yang bisa liat-liat foto di Internet?

A: Hehe, itu namanya Instagram, Kek, bukan Gramgram. Jadi si artis nge-post lowongan di sana, terus Mbak Rara ikutan kirim lamaran deh. Itu juga karena dia bisa cari peluang kerja di mana-mana!

K: Wah, dulu waktu Kakek muda, lowongan pekerjaan itu adanya di koran, atau dari ditawari orang. Kalo Kakek, memang jadi guru karena kakek dulu masuk Sekolah Pendidikan Guru. Tapi ya, kakek ini emang udah pengen jadi guru dari masih kecil, jadi cita-cita Kakek terlaksana. Jadi coba sekarang kamu cerita, kemarin gimana kok bisa ditawari wawancara kerja?

A: Jadi temanku ngasih tau di grup Whatsapp sekolah kalo lagi ada lowongan kerja dengan posisi yang kumau. Jadi aku langsung kirim lamarannya via email mereka dan dipanggil untuk wawancara, Kek.

K: Wah, tapi itu aman kan? Kakek nggak ngerti sih e-mail; atau Whatsapp itu apa, tapi cepat ya kerjanya? Kalo dulu kakek kirim surat apa-apa harus via pos, kirim surat lamaran kerja juga. Makanya, kamu beruntung bisa hidup di zaman sekarang. Semuanya serba ada, kesempatan juga banyak! Tapi kadang-kadang Kakek sebel lho, kalo kamu ngelihat HP terus. Ada apa sih di situ?

K: Wahh, enggak kok Kek, aku selalu nyimak percakapan kita. Tapi lihat nih Kek, bener kata Kakek, pengumuman wawancaraku sudah ada! Aku baru terima email dan aku keterima kerja, Kek!

K: Wah, Kakek bangga betul lho! Yuk kasih lihat ke nenekmu, pasti Nenek senang sekali!

Jadi itu tadi yang aku obrolin sama kakekku kemarin! Gimana dengan kalian, apa kalian sering minta dukungan dan semangat dari orang-orang tua terdekat kalian? Kalo kalian pengen, tapi nggak tau cara mulainya, kalian bisa ikuti tipsku di bawah ini!

  1. Cari tau siapa sih orang yang bisa kamu ajak ngobrol dan bakal dukung kamu, apakah itu kakekmu, nenekmu, ayah, ibu, tante, pokoknya ajak pilih siapapun yang paling ngerti topik itu dan minta dukungan mereka.
  2. Jangan lupa pilih waktu yang tepat buat ngobrolin hal tersebut dan jangan ganggu saat mereka sedang sibuk.
  3. Coba pilih topik yang bisa menyambungkan, kayak aku dan kakekku ngobrolin soal kerjaan sebagai topik obrolan kami.

Nah, apa kalian suka meminta dukungan dan ngobrol dengan orang tua terdekat kalian? Cerita ke kami yuk, lewat komentar di bawah ini!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

kia_putry_kiana

aku juga suka cerita sama nenek ku tentang masa kecil beliau..dan kisah nya itu menarik bangett...

1 tahun, 2 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, kia_putry_kiana, terima kasih sudah membagikan pengalamanmu di Springster, ya! Yuk, terus...

1 tahun, 2 bulan yang lalu