Aku Mudik, Tapi Kamu Gak Boleh Tau

Hmmmm, apakah aku harus post foto-fotoku pas mudik?

Tanggapan kamu (2) Aku Mudik, Tapi Kamu Gak Boleh Tau

Aku selalu suka perjalanan jauh di darat! Apalagi kalo bareng keluarga buat mudik. Sekarang aku lagi di perjalanan dari Pandeglang ke Blitar - naik mobil. Kakak dan Ibuku ganti-gantian menyetir. Mudah-mudahan kami bisa sampai sana tepat waktu buat ngerayain Idul Fitri bareng Eyang!

Kamu tau gak kalo ada banyak banget tempat mengagumkan di Indonesia? Sepanjang perjalanan mudik, kami ke banyak tempat keren yang gak diketahui banyak orang. Pagi ini kami lewat Kampung Naga--desa tradisional bernuansa Sunda di Tasikmalaya. Aku gak lupa untuk update foto-fotonya ke Insta Story. Aku dapat banyak banget pesan balasan dari temen-temen sekolahku dan sepupu-sepupuku! Aku gak tau kalo aku seterkenal ini!

“Oh! Lihat! Aku dapat balasan lagi!”

Aku Mudik, Tapi Kamu Gak Boleh Tau

Hmmmm. Tunggu. Aku gak kenal orang ini. Oke, aku cek profilnya, ah. Di profilnya ada fotonya - dia jauh lebih tua - dan aku gak kenal dia sama sekali. Aku coba tanya Ibu dan kakakku, barangkali mereka kenal dia. Tapi ternyata, mereka juga gak kenal. Jadi aku blok aja akun dia, gak ada yang tau dia bakal melakukan apa! Jadinya, dia gak bakal bisa kirim pesan ke aku lagi atau lihat foto aku!

Habis kejadian itu, kakakku bilang supaya aku lebih berhati-hati di media sosial. Katanya, emang bagus teman-teman dekat dan keluarga jadi tau update-an kita mengenai perjalanan, tapi gak seluruh dunia juga, kan, yang harus dikasih tau. Kakakku jadi kasih tau trik-triknya buat berhati-hati di medsos:

Cuma mereka yang dekat sama kita yang boleh lihat

Penting juga buat ngasih tau teman dekat dan keluarga keberadaan kita. Jadi, kalo ada apa-apa, mereka bisa tau kita terakhir ada di mana.

Bikin akun dan tujuan mudik kita private

Buat mencegah orang yang gak dikenal ngeliat kehidupan pribadi dan buntutin kita!

Share locations…. Foto-foto lama!

Emang bagus juga, sih, untuk ngasih tau tempat-tempat mengagumkan yang ada di Indonesia. Tapi, jangan langsung saat itu juga di-update-nya. Kita bisa upload foto-fotonya sebagai blog, seminggu kemudian, kalo kita udah gak di tempat itu. Jangan ninggalin jejak juga ke mana kita akan pergi berikutnya!

Setelah kakakku ngasih tau tentang ini, aku jadi ngerti kalo keamanan itu lebih penting daripada jadi terkenal di medsos. Aku langsung bikin Instagram-ku private, aku juga cuma upload pakai fitur “Close Friends” aja (biar teman dekat dan keluargaku tetap tau aku lagi di mana), dan aku juga gak nge-tag lokasi saat itu juga!

Apa kamu pernah dikirimin pesan gak jelas sama orang yang gak kamu kenal? Gimana cara kamu nanganin dia? Share sama Springster, ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@alishachoi

Eh ya kak, sekedar berbagi sedikit cerita.Bulan lalu aq naik bus sendirian untuk ke ibu kota buat...

Baca selengkapnya 5 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo @alishachoi ! Wah terima kasih sudah berbagi cerita dengan Springster! Kamu hebat sekali! Nih...

Baca selengkapnya 4 bulan, 3 minggu yang lalu