Aku Menang Melawan Kanker

Kanker payudara memang musuh berat, tapi aku lebih kuat!

Tanggapan kamu (4) Aku Menang Melawan Kanker

Hi, semua!

Kalian tau gak sih kalau bulan Oktober itu bulan kesadaran kanker payudara? Kanker payudara emang terdengar serem, tapi bukan berarti kamu gak bisa sembuh darinya. Kalau kamu dapat perawatan yang tepat, kamu bisa sembuh, kok!

Hari ini, kita akan wawancara Acel. Cewek 21 tahun yang kuat karena berhasil mengalahkan kanker payudara dan gak membiarkan itu menghentikan mimpinya!

S: Hai, Acel! Gimana sih ceritanya kamu bisa tau kamu punya kanker payudara saat itu?

A: Hai, Springster! Ya, awalnya aku merasa kok lebih sering capek ya dari biasanya. Terus, puting kanan aku ketarik ke dalam. Aku bilang ke orang tuaku dan kami pun pergi ke dokter. Aku didiagnosa mengidap kanker payudara stadium 2b.

S: Syukurlah orang tua kamu juga membantu, ya… Terus apa yang kamu lakukan setelah didiagnosa kanker payudara?

A: Kami memutuskan untuk mengangkat semua jaringan payudaranya, lalu kemoterapi dan radiasi.

S: Apa yang terjadi ke kamu selama proses itu?

A: Kulit aku melepuh, rambut aku rontok. Aku hampir botak. Aku lemah banget, secara fisik dan mental juga.

S: Kamu punya mimpi gak dan pernah gak kamu merasa kanker ini bakal bikin kamu susah meraih mimpi-mimpi kamu?

A: Punya, aku mau jadi fotografer. Kadang, kepikiran sih kayak gitu. Bisa gak ya aku raih cita-citaku? Semuanya kerasa berat, tapi aku terus bilang ke diri aku kalau aku kuat. Aku gak akan kalah dari kanker, dan mimpi-mimpiku akan jadi sumber semangatku!

S: Terus, apa yang kamu lakukan untuk mengejar mimpi sambil melawan kanker?

A: Karena aku kan pengen jadi fotografer, aku gak cuma suka foto gambar, tapi juga foto cerita. Jadi aku bawa aja kameraku hampir ke mana pun aku pergi. Aku percaya setiap tempat memiliki cerita dan aku mau mengabadikan mereka semua. Setelah itu, aku post foto-foto itu ke media sosial aku, dan syukurlah, aku dapat tawaran kerja setelahnya.

S: Terima kasih untuk wawancaranya, Acel! Ada yang mau kamu sampaikan gak untuk para Springsters?

A: Sempat aku mikir, kayaknya aku harus berhenti. Tapi kalian tau apa? Aku tetap bergerak. Aku tau kok aku gak harus lari, aku bisa hanya jalan, tapi aku harus tetap bergerak menuju impianku. Sekarang baru aku sadar, bahkan kanker pun gak bisa menghentikan aku meraih mimpiku. Kanker payudara memang musuh berat, tapi aku lebih kuat! Terus, selalu cek payudara kamu. Bisa kamu lakukan sendiri dengan SADARI, kalau kamu rasa ada yang gak beres, bilang ke orang tua kamu dan minta ke dokter, sebelum terlambat!

  • pubertas
  • kesehatan
  • hubungan

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@Septianti

Payudaraku gatel-gatel, itu kenapa ya kak ?

1 tahun, 7 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo @Septianti! Penyebab payudara gatal bisa bermacam-macam. Gatal pada payudara terkadang juga...

Baca selengkapnya 1 tahun, 7 bulan yang lalu
dts_dyati

Gimana cara mendeteksi kanker ka? Khususnya kanker yg hanya di derita perempuan,trus penyebabnya...

1 tahun, 10 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, dts_dyati, turut berduka atas kejadian yang menimpa temanmu. Terima kasih telah menceritakan...

Baca selengkapnya 1 tahun, 10 bulan yang lalu
Tampilkan komentar